Senin, 02 Mei 2011

Kurangnya Minat Siswa dalam Pelajaran Fisika

Selatpanjang, Mei 2011
Dewasa ini perlu menjadi perhatian kita bahwa kebanyakan siswa-siswa sekolah SMA dan SMK Teknologi kurang sekali minat dan perhatiannya terhadap Pelajaran Fisika. Memang hal ini menjadi momok sekali bagi mereka. Sebenarnya dimanakah letak kesalahan tersebut? apakah memang pelajaran itu sulit? guru yang kurang bisa memberikan materi atau terlalu banyaknya pelajaran yang harus dikuasai oleh siswa? jawabannya ada pada diri kita masing2.
Penulis sudah beberapa tahun melakukan penelitian dan pengamatan walaupun tidak didukung data yang akurat bahwasannya kelemahan pendidikan menegah dan kejuruan terletak pada pendidikan dasar, kenapa ? Coba kita perhatikan banyak dewasa ini guru-guru yang mengajar di SD tamatan dari SMA yang kebanyakan jurusan IPS. Guru-guru senior banyak yang mengajar dikelas 5-6 saja padahal kelas 1-3 lah yang perlu perhatian serius dari para guru senior dan kepala sekolah.  Kita tidak memvonis tapi inilah kenyataannya bahwa di Sekolah Dasar tersebut banyak terjadi demikian padahal kalau yang mengajar IPA tersebut adalah orang yang benar-benar mengerti hal ini tidak akan terjadi.  Belajar IPA-FISIKA itu asyik dan penuh dengan tantangan.  Mudah-mudahan ini menjadi renungan kita semua. Kapan Indonesia ingin menguasai IPTEK kalau Generasi Mudanya hanya suka perlajaran IPS, PPKN dan Sejarah serta Bahasa indonesia saja ? jawabannya ada pada diri kita masing-masing.

2 komentar:

  1. fisika tu memang paniang..???hehehe siapo pun yg ngajar..walaupun propesor sekalipun..paniangggggg denn tapi baa lai situ pariuk nasi..hehehehehehe

    BalasHapus
  2. ba'a caro nyo ko pak???
    paniang palo wak braja fisika...
    banyak bana rumus nyo pak.....

    BalasHapus